Hari ini (28 Juni 2018) pukul 15:09 saya mendapat email dari Public Beta tester Apple mengenai peluncuran iOS 12 yang sudah dapat dinikmati dan diuji coba oleh publik. Tentunya ini adalah kabar gembira bagi pemilik iPhone seri 5S ke atas, termasuk iPad Air, untuk merasakan sensasi baru yang ditawarkan oleh iOS 12.

Saya sendiri menggunakan iPhone 6S dan firmware terakhir adalah versi 11.4. Setelah memasuki layar update iOS, tertera disana bahwa iOS 12 ini berukuran 2.2 GB dan dibutuhkan waktu sekitar 50 sampai 60 menit untuk melakukan proses update. Jangan lupa untuk selalu melakukan back-up sebelum mencoba iOS Public Beta dan siapkan ruang memori yang memadai.

 

Berikut adalah fasilitas yang ada di iOS 12 menurut website Apple:

  1. Kecepatan yang meningkat pada perangkat iOS anda melebihi versi iOS sebelumnya. Akses kamera 70% lebih cepat. Tampilan keyboard 50% lebih cepat. Dan 2x lebih cepat dalam proses membuka aplikasi saat dalam kondisi “heavy workload”.
  2. Facetime grup dapat dilakukan bersama-sama sampai dengan 32 orang. Mereka yang sedang bicara secara otomatis tampilan gambarnya lebih besar dari lainnya, semua secara bergantian.
  3. Animoji ! Inilah yang banyak ditunggu oleh para pemilik iOS. Animated Emoji memungkinkan anda berinteraksi dengan teman-teman anda menggunakan gambar-gambar kartun yang lucu mengikuti mimik wajah anda saat bicara.
  4. Tambahan 4 Animoji baru bagi iPhone X.
  5. Personalisasi kamera yang dapat menambahkan Animoji, Memoji, cool filters, animated text effects, fun stickers, and lainnya, untuk dikirim dalam bentuk pesan maupun facetime.
  6. Augmented Reality (AI). iOS 12 memperkenalkan ARKit 2 yang memungkinkan lebih dari 1 orang menikmati AR secara bersamaan. Juga disertai aplikasi AR baru yang bernama Measure, yang dapat membantu anda mengukur ruangan hanya dengan cara mengarahkan kamera pada ruangan atau obyek.
  7. Fasilitas Screen Time. Adalah fasilitas baru yang dapat membatasi penggunaan aplikasi/game pada perangkat iOS sehingga anda dan keluarga anda terhindar dari terlalu lama bermain iPhone/iPad.
  8. Tampilan baru notifikasi. Di iOS 12, notifikasi pada layar “home” akan dikelompokkan dalam 1 jenis aplikasi. Tidak seperti iOS versi sebelumnya yang berjajar berserakan kebawah.
  9. Do Not Disturb. Fasilitas ini sangat berguna bagi anda yang tidak ingin diganggu oleh dering telpon masuk maupun notifikasi pesan. Dalam iOS 12, anda dapat menentukan berapa lama fasilitas ini akan diaktifkan, ataupun di lokasi mana aplikasi ini akan otomatis aktif. Begitu pula jika telah selesai melewati batas waktu yang telah anda tentukan, maupun anda keluar dari lokasi tersebut, maka telpon akan aktif normal kembali secara otomatis.
  10. Fasilitas penyimpanan dan pencarian foto yang lebih mudah dari versi iOS sebelumnya.
  11. SIRI yang lebih cerdas. Siri akan mempelajari kebiasaan anda setiap hari. Misalkan setiap jam tertentu di tempat tertentu anda membeli kopi, maka SIRI akan mengingatkan anda saat anda melewati tempat tersebut.
  12. Keamanan prifasi yang lebih ketat.

Untuk fasilitas baru lainnya dari iOS 12 ini silahkan kunjungi website resmi Apple di: https://www.apple.com/ios/ios-12-preview/features/

Jadi, tunggu apalagi. Bagi anda yang ingin mencoba iOS 12 Public Beta, anda dapat mengunjungi website http://beta.apple.com silahkan lakukan registrasi di sanan, kemudian install profile Public Beta Tester di perangkat iOS anda, kemudian lakukan update firmware anda melalui option general.

iOS 12 Public Beta Release Hari Ini
Tagged on: