Sebagai penghobi radio control baik pesawat, mobil, maupun drone, tentunya tidak akan lepas dari penggunaan baterai. Dalam hal ini adalah baterai tipe Lithium-Ion Polymer. Keunggulan tipe baterai ini adalah memiliki kapasitas yang besar dengan ukuran fisik yang kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan tipe baterai lainnya. Dalam artikel ini saya tidak membahas mengenai voltase dan kapasitas (Amper) baterai LiPo, melainkan ada hal menarik yang juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Yaitu C-RATE.

C-RATE atau “C” yang tertulis pada baterai LiPo merupakan pernyataan discharge current, atau mungkin kalau saya simpulkan dengan bahasa saya sendiri adalah kekuatan hingga baterai kosong. Di internet sebenarnya banyak yang sudah membahas hal ini, yaitu jika sebuah baterai dengan kapasitas 1000mAh 1C, maka baterai tersebut akan habis dalam satu jam jika digunakan penuh 1000mAh.

Bagaimana dengan 20C? 60C? dan seterusnya. Ada rumus yang dapat digunakan yaitu:

Kapasitas baterai x C-Rate = kekuatan output maksimum.

Misal: 1500mAh baterai dengan 50C maka:

1.5A x 50C = 75 Amper -> baterai ini dapat mengeluarkan 75 Amper untuk waktu singkat dengan aman.

Okay, anda tentu bingung dengan tulisan saya di atas, tentu saja, karena sebenarnya banyak hal yang harus dipahami untuk C-Rate ini. Massachusetts Institute of Technology merilis sebuah jurnal tentang memahami spesifikasi baterai yang dapat anda baca DISINI. Tentu sangat tidak sederhana untuk menyimpulkan sebuah C-Rate yang bagus adalah yang nilainya besar atau yang nilainya kecil.

Banyak pabrik yang telah memalsukan C-Rate baterai dengan membesar-besarkannya demi kepentingan marketing dan perdagangan dengan disertai gambar yang dahsyat pada kemasan baterai ber C besar. Kenapa saya katakan banyak yang memalsukan C-Rate, karena ada sebuah alat yang sangat ditakuti oleh para pabrik baterai yang suka menipu. Alat ini namanya ESR Meter.

ESR Meter dapat membaca secara pasti berapa C baterai anda, berapa resistansi internal baterai anda, dan banyak informasi lainnya. Silahkan anda mencari informasi tentang ESR Meter ini, beli, kemudian tes C baterai anda.

Apakah anda termasuk yang telah tertipu oleh pabrik baterai?

Arti C Pada Baterai LiPo – (20C, 45C, 50C, 65C)