Sejak awal saya melakukan review berbagai macam drone, pertanyaan yang sangat sering diutarakan kepada saya adalah “Drone PEMULA yang kameranya bagus apa?”, “Drone MURAH yang kameranya bagus apa?”, dan pertanyaan lain sejenisnya. Karena saya sudah pernah me-review berbagai macam drone maka saya beranikan menulis artikel ini sebagai referensi bagi anda yang ingin membeli sebuah drone fotografi/videografi. Anda juga dapat melihat video penjelasan saya di bagian akhir artikel ini.

Jika anda memutuskan untuk memiliki sebuah drone, maka sebelum membeli sebaiknya anda perhatikan hal-hal berikut:

  1. Spesifikasi kamera: sebuah kamera, baik actioncam maupun kamera drone, harus memiliki spesifikasi yang jelas dan tertulis. Minimal memiliki keterangan resolusi, ISO, focal length, min-max shutter speed. Jika sebuah kamera tidak memiliki spesifikasi tertulis seperti di atas, maka jangan pernah anda berharap bisa menggunakannya untuk menyajikan sebuah fotografi dan videografi.
  2. Drone ber-GPS: adalah wajib bagi sebuah drone yang ingin anda gunakan untuk foto/videografi. Fasilitas GPS ini tidak perlu “Double GPS” karena tidak ada gunanya. Cukup 1 GPS yang memiliki sensitifitas penerimaan yang baik. Dengan adanya GPS pada sebuah drone, maka akan mengurangi beban anda sebagai fotografer/videografer dalam berkonsentrasi pengambilan gambar. Anda tidak perlu repot mengawasi posisi drone karena GPS akan menjaga drone anda diam di tempat.
  3. Bermotor tipe brushless: Pastikan anda memilih drone yang bermotor brushless, bukan brushed ataupun coreless. Karena motor brushless memiliki kekuatan yang mumpuni bagi drone untuk melawan angin dibandingkan tipe motor lainnya. Semakin besar ukuran motor brushless, semakin kuat drone anda melawan angin, tetapi juga semakin keras suaranya.
  4. Memiliki stabilizer kamera (gimbal): tanpa gimbal kamera, maka sangat sulit, bahkan hampir tidak mungkin anda bisa menyajikan hasil fotografi/videografi yang bagus.
  5. Ada fasilitas FPV (First Person View): FPV pada drone sama halnya dengan view finder atau monitor pada sebuah kamera. Tidak mungkin anda dapat membidik obyek tanpa melihatnya terlebih dahulu.
  6. Kamera dapat digerakkan naik dan turun: Dapat anda bayangkan betapa sulitnya jika ingin membidik/memotret atau merekam sebuah obyek dengan menggunakan kamera yang tidak dapat anda gerakkan naik dan turun dari remote control anda.
  7. Aplikasi smartphone yang dapat mengatur seting drone dan kamera saat terbang: Hal ini jarang terpikirkan oleh para calon pembeli drone. Tanpa aplikasi smartphone untuk mengatur drone dan kamera, maka anda tidak dapat mengantisipasi kondisi kelebihan cahaya (over exposure) maupun kekurangan cahaya (under exposure). Dengan adanya aplikasi smartphone maka anda dapat mengatur ISO, exposure, frame per second, mode automatic atau manual, dan banyak pengaturan lainnya yang juga berhubungan dengan drone anda seperti home point (mengatur posisi drone untuk otomatis pulang ke anda), way point (mengatur drone untuk bergerak sesuai koordinant secara otomatis), dan point of view (gerakan mengelilingi obyek secara otomatis).

Dari 7 hal yang saya tulis di atas, adalah syarat minimum untuk sebuah drone fotografi/videografi. Jangan anda bermimpi untuk membeli drone yang MURAH dan berKAMERA bagus. Karena saya sudah pernah mencoba segala macam drone mulai dari yang harga 300 ribu rupiah sampai dengan 20 juta rupiah.

Untuk anggaran drone rakitan dengan mancakup 7 hal di atas, saya pernah melakukannya dan menghabiskan dana sekitar 8 sampai 9 juta rupiah. Sedangkan di pasaran sudah banyak tersedia drone yang siap pakai sesuai 7 hal di atas dengan harga mulai 5 juta sampai 12 juta rupiah.

Kesimpulan:

  • Belilah drone yang siap pakai. Karena merakit sendiri akan menghabiskan banyak BIAYA, WAKTU, dan TENAGA.
  • Drone murah = drone mainan. Jika anda bertujuan memiliki drone hanya untuk terbang bersenang-senang maka saya rekomendasikan merek Syma seri X5 atau JJRC seri H31 atau JJRC seri H33. Kenapa? Karena 3 drone mainan tersebut harganya paling murah, paling tahan banting, dan tidak mudah rusak.
  • Untuk drone yang mecakup 7 hal di atas, sampai dengan perkembangan teknologi yang ada saat tanggal artikel ini ditulis, saya rekomendasikan merek DJI atau Mi Drone atau Xiro.

Video:

7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Drone Fotografi atau Videografi
Tagged on: