Sosial media yang berkembang dengan pesat seiring dengan pertambahan penduduk dan kemajuan teknologi, semakin mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Kaitannya dengan harga gadget dan smartphone yang juga sangat bersaing mulai dari yang merek terkenal sampai dengan merek baru. Produsen smartphone mengandalkan gengsi penggunanya dalam hal meningkatkan penjualan. Begitu juga para pengguna yang dapat membeli smartphone dengan harga yang semakin murah dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

Bagi kita yang serius memanfaatkan sosial media sebagai media promosi ataupun presentasi bisnis/usaha maka berikut saya sampaikan 10 tips yang dapat anda praktekkan dalam memaksimalkan sosial media bagi perkembangan bisnis anda:

  1. Mempelajari kebiasaan-kebiasaan penonton/penggemar/pelanggan anda di internet. Yang disebut dengan “kebiasaan” adalah suatu trend. Sehingga anda harus terus mengikuti perkembangan trend yang sedang diminati saat ini oleh penonton/penggemar/pelanggan anda di internet.
  2. Tentukan target dan strategi untuk mencapai tujuan utama anda. Fokus, merupakan hal yang sangat penting dalam hal ini. Jangan sampai anda terbawa arus, tapi jangan pula anda tidak memperhatikan arus yang terjadi. Manfaatkan sebaik-baiknya arus yang sedang mengalir tanpa harus hanyut di dalamnya.
  3. Tawarkan sebuah konten baru yang diminati oleh penonton/penggemar/pelanggan anda. Kaitannya dengan poin nomor 2, jika anda dapat mengetahui kemana arus mengalir, maka anda akan dapat memanfaatkannya tanpa harus banyak membuang tenaga, pikiran dan biaya.
  4. Buatlah time-line untuk posting-posting anda. Jangan dibiasakan memposting terlalu banyak dalam 1 hari tanpa melihat waktu. Saat ini masih banyak personal/perusahaan memposting kontennya tanpa memperhatikan jam. Mereka memposting saat jam orang istirahat. Suatu time-line, akan membuat posting-posting anda dilihat dan dibaca. Time-line ini bisa anda desain minimal hari ini sampai 3 hari ke depan.
  5. Selalu “up-to-date”. Hubungannya dengan poin 4, selain anda merencanakan posting konten anda, jangan lupa bahwa konten anda harus up-to-date/terbaru/mengikuti trend. Jangan memposting hal-hal yang diulang-ulang ataupun memposting milik orang lain (re-upload).
  6. Dekatkan diri pada penonton/penggemar/pelanggan. Ini sebenarnya langkah yang mudah tapi banyak diabaikan oleh orang. Membalas komentar bukan hal yang sepele. Karena dengan anda membalas komentar posting anda dari penonton/penggemar/pelanggan, maka mereka akan merasa dihargai. Dan rasa saling menghargai akan menumbuhkan kepercayaan. Ingat, kepercayaan tidak bisa dibeli dengan uang/aset perusahaan anda.
  7. Lihat laporan statistik posting dan akun anda. Dalam menyusun strategi pemasaran, tentunya sebuah data statistik sangatlah penting untuk menentukan langkah selanjutnya, konten selanjutnya, dan target selanjutnya. Saya pribadi selalu melihat statistik posting saya secara berkala. Mulai dari kategori jenis kelamin, umur, dan lokasi audien. Jika statistik menunjukkan jumlah kecil pada umur tententu atau lokasi tertentu, maka kita dapat melakukan evaluasi, mengukur langkah selanjutnya agar mendapat angka statistik tinggi di posting berikutnya.
  8. Maksimalkan kreatifitas anda dalam membuat konten. Jangan asal-asalan memposting sebuah konten apalagi hanya sebuah status pribadi atau unek-unek atau teks ukuran besar. Sekali anda dinilai tidak kreatif atau tidak menarik, maka penonton/penggemar/pelanggan anda akan berkurang. Juga jangan mem-posting milik orang lain (re-upload) karena anda akan dinilai sebagai PEMALAS. Jika ada keterbatasan waktu untuk berkreatifitas, mintalah tolong kawan terdekat atau bayarlah seorang desainer grafis.
  9. Naikan traffic posting dengan mencapai penonton yang sebelumnya tidak pernah tau siapa anda. Sisihkan anggaran untuk biaya promosi menggunakan Facebook ads atau Google Adwords. Saya jamin, posting anda akan sampai ke orang-orang yang belum pernah tau anda sebelumnya.
  10. Atur pesan pribadi sosial media untuk seminimal mungkin menerima pesan pribadi. Arahkan para penonton/penggemar/pelanggan untuk menulis email atau berkomentar langsung di posting anda. Dengan berkomentar langsung di posting, maka secara algoritma sebuah sosial media akan mengangkat posting anda untuk muncul lagi dan lagi di setiap akun pengikut anda.

Demikian 10 tips dari saya yang juga telah saya praktekkan dan membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Selamat mencoba.

10 Tips Sukses di Sosial Media
Tagged on: